KUNJUNGAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MUHAMADIYAH DAN MAHASISWA NATIONAL TAIPEI UNIVERSITY NURSING AND SCIENCE (NTUNHS)TAIWAN KE RS DR.RIVAIABDULLAH


Banyuasin (31/7), Kusta, yang juga dikenal dengan nama lepra atau penyakit Hansen, adalah penyakit yang menyerang kulit, sistem saraf perifer, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, serta mata. Kusta bisa menyebabkan luka pada kulit, kerusakan saraf, melemahnya otot, dan mati rasa. Kusta disebabkan oleh bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini memerlukan waktu 6 bulan hingga 40 tahun untuk berkembang di dalam tubuh. Tanda dan gejala kusta bisa saja muncul 1 hingga 20 tahun setelah bakteri menginfeksi tubuh penderita.

Pada hari Rabu 31 Juli 2019 sebanyak 4 orang MahasiswaFakultasKedokteranUniversitas Muhammadiyah dan 9 orang mahasiswadariNational Taipei University Nursing and Health Scienses (NTUNHS) Taiwan didampingi oleh dr. Vina FramayastriselakuKoordinator dan Dosen di FakultasKedokteranUniversitas Muhammadiyah melakukankunjunganke RS. Dr. Rivai Abdullah untukmengaliinformasitentangpenyakitkusta dan melihatlangsungpengobatansertaperawatanpasienkusta juga sebagai salah saturangkaiankegiatanpertukaranMahasiswadariNational Taipei University Nursing and Health Scienses (NTUNHS) Taiwan keFakultasKedokteranUniversitas Muhammadiyah Palembang yang dilaksanakan pada bulanJuli-Agustus 2019.

Kegiatan yang diawalidenganpertemuan di ruangrapatlantai 2 dibuka oleh  dr. Eni Zatila,MKMselakuKepalaBagian SDM RS. Dr. Rivai Abdullah mewakiliDirekturUtama,dilanjutkandenganberkelilingmelihatruanganKlinik Gigi Kusta, Ruang Rawat InapKusta, FisioterapiKusta, Protesa, OkupasiTerapi, Fisioterapi, dan FCC. Dalamkunjunganinimahasiswabertemulangsungdenganpasienuntukmelihatkondisipasien pada saatperawatanluka dan dapatbertanyalangsungdengandoktersertaperawatterkaitinformasipenyakitkusta. (Humas).